cara mengecek dokumen

Cara Mengecek Dokumen Jual Beli Motor Bekas

Harga motor bekas lebih murah dibandingkan dengan motor baru. Meskipun lebih murah, tetapi kamu jangan mudah terkecoh dengan penawaran harga yang jauh lebih murah dari harga pasar untuk tipe motor sejenis. Kamu bisa melakukan pengecekan harga pasaran terlebih dahulu jika mendapati motor bekas yang dijual. Jika harga yang kamu dapatkan lebih murah dan jauh dari harga pasaran sebaiknya kamu melakukan pengecekan terhadap keaslian dokumen, seperti BPKB dan STNK. Ini dia cara mengecek dokumen jual beli motor bekas yang mudah dilakukan.

Cara mengecek BPKB cukup mudah kamu bisa melihat dari cover BPKB. Jika menggunakan cover yang mengkilap maka BPKB tersebut asli. Lalu pastikan juga kamu untuk mengecek hologram yang terdapat di dalamnya. Jika hologram pada saat diterawang berubah menjadi abu-abu itu artinya asli. Lalu jangan lupa untuk mengecek nomor rangka dan mesin yang tertera di  BPKB. Samakan nomor rangka dan mesin dengan yang terdapat di motor. Cek pula bagian identitas pemilik motor sebelumnya dan cek halaman BPKB ke-14 pada logo korlantas. Bagian tersebut dibuat timbul dengan tekstur kertas yang kasar.

Dokumen lain yang harus kamu pastikan keasliannya adalah STNK. Cara mengecek keabsahan STNK cukup mudah, kamu hanya perlu mencocokkan data yang tertera di STNK dengan fisik kendaraan. Fisik kendaraan, meliputi jenis motor, nomor rangka, warna motor, tahun keluaran, masa berlaku STNK dan pajak, nomor rangka dan mesin. Pengecekan lebih valid dapat kamu lakukan dengan mengunjungi samsat untuk mendapatkan bukti bahwa dokumen-dokumen motor yang akan kamu beli benar-benar asli dan valid.

Tips-Tips Menjual Motor Kamu Ke Tempat Jual Beli Motor Bekas

Saat menjual motor tentunya kamu ingin mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan kondisi motormu. Kamu bisa melakukan beberapa tips untuk menjual motor bekasmu dengan harga yang tinggi. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan jika ingin menjual motor bekas dengan harga yang tinggi.

  1. Cek dan Persiapkan Motor dengan Baik

Sebelum motormu akan dijual sebaiknya kamu persiapkan sebaik mungkin, mulai dari memastikan kondisinya benar-benar siap pakai dan tidak memiliki masalah, body motor yang bersih, kondisi kebersihan kaki dan roda motor yang baik hingga spare part yang masih layak pakai. Dengan mempersiapkan kondisi motor sebaik mungkin dan dalam keadaan yang bersih akan membuat calon pembeli melirik motormu untuk masuk dalam daftar list yang akan dibeli.

  • Mematok Harga yang Sesuai

Harga dalam menjual motor bekas adalah hal yang utama. Pastikan kamu mematok harga yang sesuai dengan kondisi motormu dan sesuai dengan harga pasaran yang berlaku. Jika kamu terburu-buru dan sedang butuh uang dengan cepat, maka kamu bisa menurunkan harga sedikit lebih murah dari harga pasaran.

  • Pemasaran yang Menarik

Pemasaran adalah salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk menarik minat pembeli. Kamu bisa melakukan pemasaran dengan memberikan foto kualitas terbaik dan diposting pada platform jual beli motor bekas agar dapat dilihat oleh calon pembeli dengan leluasa. Pastikan ketika kamu memfoto motor yang akan dijual sudah dalam keadaan yang bersih dan menarik.

  • Berurusan Langsung dengan Pembeli

Bertemu langsung dengan calon pembeli adalah salah satu cara untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Jika kamu langsung menjual kepada pembeli tanpa perantara maka harga jual motormu tidak akan diambil untuk oleh perantara tersebut. Sehingga, harga jual yang peroleh utuh tanpa potongan untuk perantara.

Menjual motor sama hati-hatinya dengan membeli motor bekas. Menjual motor bekas dengan kualitas yang tidak sesuai dengan apa yang disampaikan akan membuat pembeli kecewa dan motor yang sudah terjual bisa dikembalikan. Jadi, selalu pastikan kamu menjual motor dengan kondisi yang apa adanya dan dokumen yang lengkap agar tidak menimbulkan masalah pada hari lain. Ini dia cara mengecek dokumen jual beli motor bekas dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *